Category Archives: resep

Seblak Pasta

img-20151214-wa0021.jpegSaat males makan nasi, seblak ini pas banget untuk mengenyangkan perut. Di campur bakso, suiran ayam dan daun bawang. Hmmm nyaaam sekali. Bumbunya mudah cuma bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit kencur. Rasa kencur ini yang menurut saya segar banget. MasyaAllah nikmat banget dimakan hangat-hangat. Seblak ini bahan utamanya bisa kerupuk basah (direndam dengan air hangat sblm di olah) atau pasta yg direbus terlebih dahulu. Cobain deh buat kamu yang “nyunda” banget rasa seblak ini pas buat lidah kamu.

Advertisements
Tagged , ,

Sushi berantakan :D

Akhirnya kesampean juga bikin sushi.. Ampyuuun ngegulungnya dengan susah payah apalagi pas motong2nya tp ternyata my luvly hubby bukan penggemar sushi. Wuaaaaa..pengen nangis2 gimana gt ya. Tau gt ga usah beli nori.. Hahaha. Tapi gapapa sy jadi tau rasanya sushi :p

Cara mudah bikin shoyu adalah dengan mencampur vinegar, air, gula, garam, dan perasan jeruk lemon pake feeling. Oiya ditambahin chicken powder oleh saya biar kayanya akan menjadi gurih. Wakaka.. Aduh ini resep ngasal bgt *facepalm*

image

Tagged , ,

Donat Lembut Metode Tangzhong

Image
Emmm..pernah makan donat J.co? Pasti anda akan mengatakan bahwa donatnya lembuuut. Ya, dengan menggunakan metode Tangzhong, donat yang dihasilkan tidak kalah lembut dengan donat J.co, mau coba?
Resep ini didapat dari Mba Juni Puspita Fisalia di Dapur Sehat Ibu dengan sedikiiit modifikasiResep Tangzhong :
– 25 gr tepung terigu
– 150 ml air
aduk-aduk diatas api sampai menjadi bubur namun tidak kental dan tidak mendidih.Resep donat :
– 250 gr tepung terigu
– 5 gr ragi
– 40 gr gula pasir
– 50 ml susu cair
– 100 ml air
Aduk- aduk dan uleni bahan2 diatas bersama 1/2 adonan tangzhong sambil sedikit demi sedikit dimasukan air hingga kalis kemudian tambahkan 20 gr unsalted butter suhu ruang, uleni dan sesekali banting adonan. Jangan lupa menambahkan garam dan vanili (saya lupa bagian ini :D) diamkan hingga mengembang. Kemudian bentuk donat sesuai selera, diamkan kembali 20 menit, goreng dan beri topping sesuai selera anda

*untuk 11 buah donat

Tagged ,

Batagor Bandung

Image
 
Bahan: 
400 gr udang kupas
8 sdm tepung tapioka/kanji
3 sdm minyak sayur (harusnya minyak wijen, tapi ga punya. hueheehe :P)
1 butir telur
Kulit pangsit

Bumbu:
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt lada
Garam secukupnya

Pelengkap: 
Mentimun
Telur rebus 
Kentang goreng

Cara Membuat:
Kocok telur masukkan udang yang sudah diblender bersama bumbu kemudian masukkan tepung tapioka dan minyak, masukkan adonan yang sudah jadi kedalam kulit pangsing dan bentuk dengan menyatukan keempat ujung kulit pangsit. Goreng dengan minyak terendam (deep frying) sampai kuning kecoklatan. Angkat dan sajiakan bersama bumbu pecel yang sudah jadi dan pelengkap.

Tagged ,

Ayam Panggang Madu

947214_10200742976953274_1135022380_n

Awalnya saya ingin membuat ayam goreng tulang lunak, tapi kok ketika ayamnya sedang direbus dalam panci presto, tiba-tiba ingin ayam panggang. Taraaaa jadilah ayam panggang madu,  bumbunya sangat kaya akan rasa karena ketika dalam pressure cooker sudah diberikan bumbu untuk ayam goreng kemudian ditambah lagi dengan olesan saat memanggang.

Bumbu halus dalam pressure cooker:

– 1/2 bawang bombay (ko’ kalau dipikir-pikir kenapa pake bawang bombay ya , diganti aja bawang merah)

– 2 siung bawang putih

– 1-2cm kunyit

– 1 cm laos
– 1 1/2 sdm ketumbar
– 1 sdm jahe bubuk
– 3 buah kemiri
– 4 lembar daun jeruk
– gula
– garam
Masukkan bumbu halus, air secukupnya, dan ayam dalam panci presto. Rebus sampai empuk, angkat. Olesi dengan campuran sedikit bumbu bekas merebus, saus sambal, saus tomat, madu, margarin yang dilelehkan dan kecap kemudian panggang 🙂
Tagged ,

Sambal Matah Bali

29539_10200632480190924_905079820_n

Sambal matah khas Bali ini pas sekali dinikmati sore2 dgn nasi hangat, rasanya yang pedas dan segar karena ada potongan batang serai didalamnya membuat sy ketagihan. Dengan sedikit modifikasi beginilah cara membuatnya:
– pertama-tama goreng dada ayam hingga matang kemudian suir-suir
– minyak bekas menggoreng ayam digunakan untuk menumis terasi sambil ditekan-tekan hingga halus kecilkan api, kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabe rawit, batang serai yg diiris tipis2, serta jeruk limau yg telah dibuang bijinya. Jangan lupa untuk memasukkan suiran ayam..

Hmmmm, terbayang kan rasany? 

Tagged ,