Pendafataran Daar Adh Dhikr

Setelah satu tahun berniat untuk mendaftar di Dar Adh Dhikr, Alhamdulillah Ahad kemarin berhasil daftar juga. Dar ini semacam kelas dengan short course sekitar 4 bulan disetiap levelnya. Karena suami habis masuk malam ketika pagi sampai rumah kami langsung bersiap-siap menuju Dar untuk mendaftarkan saya juga anak-anak. Jadi selain ibunya belajar, anaknya pun juga belajar. Di Dar Adh Dhikr kami akan belajar arabic, pelajaran islam, dan tahfiz qur’an. Dar Adh Dhikr ini merupakan lembaga nonprofit yang diperuntukan untuk muslimah non-arab yang ingin belajar bahasa arab. Semua uang pendaftaran akan masuk menjadi shadaqah kita yang bernilai pahala, inshaAllah. Jadi bukan untuk lembaga Dar itu sendiri. Untuk dewasa biayanya 200 SAR (kurs 1 SAR = 3700) dan untuk anak-anak biayanya sebesar 300 untuk class, 200 untuk nursery bagi anak-anak yang masih bayi ataupun batita yang masih mengenakan diaper. Jika sudah tidak mengenakan diaper maka anak akan masuk kelas untuk belajar seperti play group.

Tidak sulit menemukan lokasi Dar Adh Dhikr ini, terletak di jalan Alhamami no.10 bentuk bangunannya seperti rumah orang Arab pada umumnya yang nampak luas sekali. Disana laki-laki tidak boleh masuk jadi suami hanya menunggu diluar didalam mobil. Ketika saya bersama anak-anak masuk, kami disambut oleh orang Indonesia yang kebetulan bekerja disana. Lalu kami ditunjukkan ruangan kepala sekolah untuk mendaftar. Kesan pertama bertemu orang-orang disana adalah mereka sangat ramah, dari kepala sekolah yang melayani saya untuk mendaftar, guru-guru pengujinya, caregiver, sampai cleaning service-nya.

Setelah di tes baca dan tulis kemudian di tes hafalan qur’an untuk placement test. Karena belum siap tes qur’an hari itu, gurunya meminta saya datang lagi untuk mengulang tes. Besok kamis, saya akan kesana dengan teman-teman saya yang kebetulan ingin mendaftar. Setelah itu saya ke gedung yang berada di sebelahnya untuk mendaftarkan Fatih dan Fathia. Fathia masuk kelas tamhidi, sedangkan Fatih masuk kelas mustawa awal.

Alhamdulillah pendaftaran lancar tanpa masalah komunikasi karena mereka sangat komunikatif dan menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Semoga begitu juga seterusnya ya! Kesan pertama itu penting untuk membentuk mindset pada kesan selanjutnya, bukan?

Advertisements
Tagged

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: