Musim dingin kedua di tanah rantau

Hmmm.. Mulai masuk musim dingin gini biasanya malam jadi panjaaaang sekali rasanya, masak udah, mau ngerjain yg lain ga hobi tuh..haha, alias males. Yaudah, cerita aja ya.. :p

Malam lebih panjang karena waktu maghrib datang lebih awal dan shubuh hadir lebih lambat. Ketika musim panas, shubuh sudah datang jam 3 pagi lebih dan maghrib baru tiba pukul 7 malam. Namun di musim dingin, shubuh bisa-bisa baru mulai datang jam 5 pagi lebih dan maghrib sudah masuk sekitar jam 5 petang. Cocok sekali buat ganti puasa. Hihihi. Tapi bagaimanapun qadha puasa harus disegerakan ya kalau tidak ada halangan seperti saya yg sedang menyusui.

Kali ini saya mulai memasuki musim dingin kedua di bumi rantau ini, Riyadh, Saudi Arabia. Musim dingin yang lalu begitu berkesan buat saya. Pertama datang kesini masih disuguhi cuaca Bogor dan sekitarnya. Hmm..saya tenang-tenang saja dan suami juga tidak banyak cerita tentang bagaimana menggigitnya cuaca dingin disini. Beberapa hari kemudian kami berjalan-jalan ke taman dekat rumah, maa shaa Allah..kami kedinginan, tangan saya mulai mati rasa dan pasir-pasir di taman pun rasanya dingin sekali seperti habis masuk dalam lemari es. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang kerumah.. Hehehe. Kemudian, karena kondisi peralihan cuaca yg sangat ekstrim saya jatuh sakit. Bayangkan harus mengurus dua anak dan semua tugas domestik rumah tangga tanpa ART. Oh my God, padahal sebelumnya selalu ada ART. Nah saat sakit itulah sy tertidur selepas ashar. Jam setengah tujuh suami pulang kerja, bertanya pada saya “sudah shalat maghrib belum?” saya jawab dengan entengnya “belum” karena berpikir isya masih lama sampai jam tujuh. Ternyata kata suami sudah masuk waktu isya, innalillah..menyesal lah saya, karena memang di tempat kami tinggal (dekat sekali dengan jalan raya yg bising) tidak terdengar suara adzan. Pelajaran yg saya ambil walaupun karena tertidur adalah sesuatu yang dimaafkan, tetapi alangkah baiknya ketika kita tidak menunda-nunda shalat karena perbuatan tersebut termasuk lalai dalam shalat. Lalai dalam shalat adalah dosa besar, berdasarkan firman Allah ta’ala dalam surat Al-Ma’un, فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ. الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاتِهِمْ سَاهُونَ
“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. (Yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Ma’un: 4–5).

Para ulama menerangkan bahwa yang dimaksud “lalai” adalah termasuk:
1. Menunda-nunda shalat hingga baru dikerjakan ketika waktu shalat hampir berakhir.
2. Mengerjakan shalat tanpa memperhatikan syarat dan rukunnya sebagaimana yang diperintahkan.
3. Mengerjakan shalat tanpa disertai kekhusyukan dan tanpa merenungi makna bacaan shalat.

Adapun siksa kubur bagi orang yg lalai dalam shalatnya menurut HR. Bukhari adalah kepalanya akan dipecahkan dengan sebuah batu besar berulang-ulang.

Kemudian di musim dingin itulah pertama kali saya umrah bersama suami dan kedua bintang kecil kami. Tanpa persiapan jaket, sarung tangan dan sebagainya dengan PD nya kami pergi. Di tengah jalan kami berhenti untuk makan malam daaaaaan *taraaa* kedinginan deh, aduh suhunya bikin ga kuat keluar mobil. Sekarang jadi aware dengan suhu udara sekitar dengan selalu melihat aplikasi pembaca suhu udara, hal yang ga pernah dilakukan ketika di Jakarta. Heu..heu..

Musim dingin kali ini inshaAllah saya lebih siap. Oya, mau tau suhu paling ekstrem ketika musim dingin lalu? 2°C. Wooow bgt kan utk yg sehari-hari biasa ngerasain panas sampai 42°C. Hihihi..

Advertisements
Tagged

4 thoughts on “Musim dingin kedua di tanah rantau

  1. Riri says:

    Assalamualaikum, salam kenal ya Mba 🙂
    wah sy baru tau kalo di Saudi ada musim dinginnya jg ya…

  2. syaimsyaim says:

    Rahma, ya Allah enak tapi ya… ampe 2 derajat ?? cck cck itu di BUlan apa ? Oktober ini ya?

    • Rahma says:

      puncak2nya itu ka.. bulan desember/januari.. sempet ujan tappiiiii gerimis doang, klo musim panas jangan harap ada gerimis di Riyadh :p heuheu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: