[Testimoni] Tips Membersihkan Panci Gosong

Beruntung saat ini ada mesin pencari super cepat “mbah google” tidak seperti era sebelum internet, kebanyakan orang mengandalkan informasi dari mulut ke mulut. Saya sebagai ibu rumah tangga yang 24 jam berada dalam rumah mengandalkan internet untuk mencari resep, membaca artikel-artikel tentang informasi yang ingin saya ketahui, atau sekadar menyapa teman di dunia maya. Intinya memanfaatkan yang ada untuk tetap mengaktualisasikan diri walaupun tidak bisa kemana-mana. Hehehe. Karena tidak bisa dipungkiri dalam puncak hirarki teori kebutuhan Maslow manusia butuh mengaktualisasikan dirinya menjadi apa yang diinginkan. Terkadang di tengah arus informasi yang datang ketika surfing, ada informasi yang tidak sengaja kita dapat dan pada saat itu belum kita butuhkan. Just keep it, you’ll need it in another time. Saya sering secara tidak sengaja ketika melewati jalan memperhatikan beberapa tempat strategis seperti pom bensin, fly over, restaurant, atau pusat-pusat perbelanjaan (yang ini sih naluri emak-emak banget :p). Kemudian suatu waktu ketika tersasar saya jadi ingat ‘patokan-patokan’ jalan versi saya sendiri sehingga bisa kembali pulang kerumah dengan selamat (yeeeah!).

Sepekan lalu, karena sisa bumbu ungkep ayam masih banyak dipanci saya memutuskan untuk membeli seekor ayam lagi untuk menghabiskan bumbu tersebut. Saya membeli ayam sore hari dan baru diolah malamnya. Ketika mengolah ayam Fathia menunjukan tanda-tanda mengantuk dan segera tidak lama setelah menyalakan kompor Fathia saya beri ASI. Sebelumnya suami telah mengingatkan untuk mematikan kompor khawatir tertidur bareng Fathia. Ternyata benar, kami semua ketiduran sampai 3 jam kedepan itupun dibangunkan oleh suara telepon. Anehnya, selama 3 jam tertidur saya bermimpi sedang meng-oven ayam hingga gosong. Hihihi. Taraaaa, ternyata niat awal ingin membuat ayam tulang lunak dengan panci presto benar-benar kesampaian, tulang ayamnya begitu lunak karena terlalu lama direbus. Bau gosong mampir dimana-mana, buru-buru kami menyalakan exhaust agar aroma tidak sedap keluar ruangan.

Selain menyisakan bau yang tidak sedap, panci presto juga jadi korban “kegosongan”. Waaaaaa, kira-kira tebalnya kurang lebih 1 cm  noda gosong yang berbekas dalam panci. Bingung juga bagaimana membersihkannya karena setelah digosok-gosok dengan kawat hanya terkikis sedikit nodanya. Kemudian saya teringat informasi yang tidak sengaja saya dapatkan, tips membersihkan panci gosong dengan baking soda. Ternyata selain untuk membuat kue baking soda punya banyak manfaat. Diantaranya untuk memutihkan gigi, menghilangkan bau pada perabot dan pakaian, menghilangkan noda membandel salah satunya ya panci gosong, dan lain sebagainya. Segera saya taburkan baking soda pada noda gosong panci tetapi hasilnya kurang memuaskan, lagi-lagi hanya mengikis sedikit noda padahal persediaan baking soda untuk membuat kue sampai habis. Mencari-cari info lagi, saya coba menggunakan perasan jeruk lemon didiamkan semalam. Alhamdulillah noda gosong menjadi lunak dan bisa dikerik menggunakan sendok kayu agar tak merusak panci. Berhasil noda gosong yang tebal itu terkikis banyak, tetapi noda tetaplah noda yang akan menyisakan bekas *halah*. Terakhir upaya yang saya lakukan dari sekian banyak tips adalah merendam dengan air soda, kebetulan ada sisa “sprite” bekas membuat bolu kukus. Saya diamkan semalam lagi, setelah itu rebus rendaman tadi di kompor dan setelah panci mendingin gosok-gosokan dengan sabun pencuci piring dan kawat. Voila!! panci saya sudah bersih kembali 🙂 Semoga testimoni dari tips-tips yang telah saya coba bermanfaat ya kawans. Salam 🙂

Advertisements
Tagged ,

2 thoughts on “[Testimoni] Tips Membersihkan Panci Gosong

  1. nuruLaely Tias says:

    ini terjadi dengan panciku yang favorit , gimana ya biar kembali bagus . sudah terlanjur 3hari , padahal ada baking soda di rumah , tak tau ilmunya kl bs ntuk hilangin noda gosong .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: